6 Game Anak Sekolah SD yang Mengedukasi

Banyak orang tua yang khawatir anak-anaknya kecanduan bermain game. Kekhawatiran ini sangat wajar, tapi hal tersebut dapat teratasi dengan adanya pengawasan dari orang tua. Tidak semua game menanamkan unsur kekerasan, perilaku kriminal, dan sebagainya. Sebaliknya, ada juga beberapa game anak sekolah SD yang mengedukasi. Inilah salah satu yang bisa dipertimbangkan orang tua.

Rutinitas belajar kerap membuat anak menjadi jenuh. Sang anak membutuhkan suasana pembelajaran yang berbeda. Salah satunya bisa memanfaatkan media game. Kini, marak ditemukan permainan yang bisa memberikan edukasi pada anak. Namun, meskipun demikian, pengawasan orang tua tetaplah yang utama. Untuk itu, silahkan coba rekomendasi game berikut:

1. Baby Panda World

Game ini dikenal juga dengan permainan “Dunia Bayi Panda”. Permainan ini sangat cocok untuk anak-anak berusia 8 tahun atau kelas 1 hingga 3 SD. Game anak sekolah SD ini sangat disarankan untuk dikenalkan pada anak-anak. Mengapa demikian? Melalui game ini, anak bisa bermain peran sesuai yang diinginkan, seperti pilot, guru, dan sebagainya.

Setiap anak bisa menjelajahi 100 area yang disajikan pada game Baby Panda World. Melalui permainan ini, anak akan mengetahui peran apa yang paling diminati. Selanjutnya, orang tua pun bisa mengarahkan minat dan bakat anak.

2. Basic Math Game for Kids: Addition Subtraction

Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang cukup sulit dipahami. Namun, hal ini bisa diatasi dengan adanya game Basic Math Games for Kids: Addition Subtraction. Soal matematika disajikan dengan berbagai tipe, mulai dari pengurangan, penjumlahan, perkalian hingga pembagian. 

Permainan ini didesain secara khusus, sehingga anak bisa belajar Matematika tanpa bosan. Setiap soal dikombinasikan secara khusus dengan permainan mini games yang seru. Selain itu, anak uga akan lebih betah dengan suguhan animasinya yang unik dan lucu.

3. Educational Games- Memory

Daya ingat sang anak harus diasah sebaik mungkin, sehingga lebih kuat dan terhindar dari mudah lupa. Game ini didesain khusus untuk bisa melatih daya ingat sang anak. Permainan yang disajikan pun beragam, sehingga anak-anak akan merasa nyaman dan seru.

Setiap pemain disuguhkan beberapa gambar untuk selanjutnya harus diingat. Selain itu, pemain harus mencari gambar yang berbeda di antara gambar yang disuguhkan. Terdiri dari 3 level, mulai dari easy, medium hingga hard.  Sebagai orang tua sebaiknya dampingi anak saat bermain game ini untuk mengasah kinerja otaknya.

 4. Edukasi Anak Muslim

Untuk anak-anak muslim tersedia game “Edukasi Anak Muslim”. Melalui permainan ini, anak bisa belajar bacaan Sholat, doa-doa hingga surat-surat pendek. Terdapat fitur audio yang akan memudahkan anak untuk bisa melafalkannya secara benar. 

Game anak sekolah SD yang satu ini bisa dimainkan secara offline. Hal ini akan membuat anak lebih nyaman menggunakanya. Selain itu, anak juga bisa belajar dengan cara yang lebih seru. Namun, orang tua pun disarankan untuk tetap mengawasi anak agar penggunaan gadget tidak salah fungsi.

5. Game Anak Edukasi Hewan Laut

Selain game di atas, anak-anak bisa memainkan “Game Anak Edukasi Hewan laut”. Sebuah permainan yang mengajak para anak untuk bisa mengenal ragam biota laut yang indah. Setiap anak bisa mengetahui nama-nama hewan laut hingga menghafalnya.

Permainan ini disajikan secara menarik. Setiap anak bisa menggambar, mewarnai, tebak-tebakan nama hewan serta menyusun ragam puzzle. Game yang mengedukasi ini dijamin membuat belajar anak lebih menyenangkan. 

 6. Soal Ujian SD

Ingin game yang lebih menantang? “Soal Ujian SD” menjadi salah satu permainan yang patut dicoba. Melalui permainan ini, anak bisa berkompetisi dengan pemain lainnya untuk menjawab soal yang tersedia. Permainan ini cocok untuk dimainkan siswa kelas SD. 

Terdapat beberapa fitur menarik, seperti duel otak, cerdas cermat dan sebagainya. Fitur tersebut lebih menantang kinerja otak anak. Meskipun demikian, permainan ini patut dicoba guna menciptakan suasana belajar dengan cara yang lebih menyenangkan.

Demikianlah ulasan terkiat game anak sekolah SD yang mengedukasi. Setiap permainan memiliki kelebihan serta manfaatnya masing-masing. Untuk mendapatkan manfaatnya, pastikan dalam pengawasan orang tua. Bermain game terlalu lama sangat tidak disarankan. Pada ruang lingkup ini, orang tua harus bisa membatasi waktu untuk anak bermain sambil belajar. 

About the Author: Juniafi